*/?>

5 Matematikawan Besar Sepanjang Masa

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 28 Dec 2021
Sumber gambar : quora
Sumber gambar : quora

Sejarah kita kaya dengan ahli matematika yang membantu memajukan pemahaman kolektif kita tentang matematika, dan ada beberapa penemu yang menjadi batu loncatan besar akan semua penemuan ini. Terima kasih pada mereka, kita bisa berselancar di dunia maya berkat Matematika. Matematika memungkinkan kita untuk mengungkap rahasia DNA, membuat dan mengirimkan listrik lebih dari ratusan mil untuk memberi daya pada rumah dan kantor kita, dan memunculkan komputer serta penemuan penting lainnya. Tanpa matematika, mungkin kita masih hidup di gua. Siapakah beberapa penemu hebat sepanjang masa ini? Ini 5 matematikawan besar yang mengubah hidup manusia hari ini. 

Isaac Newton (1642-1727)

Sir Isaac Newton, yang dianggap oleh banyak orang sebagai ilmuwan terbesar sepanjang masa. Dia adalah salah satu penemu kalkulus, membangun teleskop refleksi pertama dan membantu membangun bidang mekanika klasik dengan karya mani, "Philosophiæ Naturalis Principia Mathematica. " Dia adalah orang pertama yang menguraikan cahaya putih menjadi warna komponennya dan memberi kita tiga hukum gerak, yang sekarang dikenal sebagai hukum Newton. Kita akan hidup di dunia yang sangat berbeda jika Newton tidak dilahirkan. Ilmuwan lain mungkin pada akhirnya akan menemukan sebagian besar idenya, tetapi tidak ada yang tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan dan seberapa jauh kita mungkin tertinggal dari lintasan teknologi kita saat ini.

Carl Gauss (1777-1855)

Gauss dapat dengan mudah disebut sebagai matematikawan terhebat yang pernah ada. Dia menerbitkan "Penyelidikan Aritmatika," sebuah buku teks dasar yang meletakkan prinsip-prinsip teori bilangan (studi bilangan bulat). Tanpa teori bilangan, kita bisa mengucapkan selamat tinggal pada komputer. Komputer beroperasi, pada tingkat yang paling dasar, hanya menggunakan dua digit — 1 dan 0, dan banyak kemajuan yang dibuat dalam menggunakan komputer untuk memecahkan masalah diselesaikan dengan menggunakan teori bilangan. Gauss sangat produktif, dan karyanya pada teori bilangan hanyalah sebagian kecil dari kontribusinya pada matematika; kita dapat menemukan pengaruhnya di seluruh aljabar, statistik, geometri, optik, astronomi, dan banyak mata pelajaran lain yang mendasari dunia modern kita.

John von Neumann (1903-1957)

Von Neumann menerima gelar Ph.D. dalam matematika pada usia 22 sambil juga mendapatkan gelar di bidang teknik kimia untuk memenuhi impian ayahnya, yang ingin putranya memiliki keterampilan yang baik di bidang ini. Untungnya bagi kita semua, dia berakhir dengan matematika. Pada tahun 1930, ia bekerja di Universitas Princeton bersama Albert Einstein di Institute of Advanced Study. Sebelum kematiannya pada tahun 1957, von Neumann membuat penemuan penting dalam teori himpunan, geometri, mekanika kuantum, teori permainan, statistik, ilmu komputer dan merupakan anggota penting dari Manhattan Project.

Alan Turing (1912-1954)

Alan Turing adalah seorang matematikawan Inggris yang disebut sebagai bapak ilmu komputer. Selama Perang Dunia II, Turing mendedikasikan dirinya ke pemecahan kode kripto Nazi dan menjadi orang yang akhirnya mengungkap pesan yang disembunyikan dalam mesin Enigma. Mampu memecahkan kode Nazi memberi Sekutu keuntungan besar dan kemudian dikreditkan oleh beberapa sejarawan sebagai salah satu alasan utama Sekutu memenangkan perang. Selain membantu menghentikan Nazi Jerman dari mencapai dominasi dunia, Turing berperan penting dalam pengembangan komputer modern. Desainnya untuk apa yang disebut "Turing machine" tetap menjadi pusat bagaimana komputer beroperasi saat ini.

Benoit Mandelbrot (1924-2010)

Benoit Mandelbrot masuk dalam daftar ini berkat penemuan geometri fraktalnya. Fraktal, bentuk yang seringkali fantastis dan kompleks yang dibangun di atas rumus sederhana yang dapat direplikasi sendiri, merupakan dasar untuk grafik dan animasi komputer. Tanpa fraktal, aman untuk mengatakan bahwa kita akan tertinggal beberapa dekade di mana kita sekarang berada di bidang gambar yang dihasilkan komputer. Rumus fraktal juga digunakan untuk merancang antena ponsel dan chip komputer, yang memanfaatkan kemampuan alami fraktal. Pada tahun 1979, Mandelbrot menemukan himpunan bilangan, yang sekarang disebut himpunan Mandelbrot. Dalam sebuah film dokumenter berjudul "The Colors of Infinity," penulis fiksi ilmiah Arthur C. Clarke menggambarkannya sebagai "salah satu penemuan paling indah dan menakjubkan dalam seluruh sejarah matematika."