*/?>

Ini Dia 5 Perguruan Tinggi Terbaik Versi Top Universities Ranking & Times Higher Education

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 23 Sep 2019
Sumber: Scram
Sumber: Scram

Survei yang dilakukan oleh Top Universities Ranking menilai perguruan tinggi berdasarkan review reputasi perguruan tinggi bersangkutan dari ekspertis akademik serta kualitas pengajaran yang diberikan kepada mahasiswa. Selain itu, pendapat dari perusahaan yang menerima lulusan perguruan tinggi bersangkutan juga menjadi tolak ukur apakah pergurun tinggi tersebut benar-benar berkualitas. Top Universities Ranking sebenarnya membuat peringkat untuk seluruh perguruan tinggi di dunia dan berdasarkan prediksi 2020, ternyata ada 5 perguruan tinggi asal Indonesia yang berhasil masuk peringkatnya!

Posisi pertama ditempati oleh perguruan tinggi asal Jakarta yaitu Universitas Indonesia. Menurut prediksi Top Universities Ranking, pada 2020 Universitas Indonesia akan menempati posisi 296, lalu diperingkat kedua ditempati oleh Universitas Gadjah Mada yang berlokasi di Yogyakarta dengan peringkat 320, diikuti Institut Teknologi Bandung yang posisinya cukup dekat dengan Universitas Gadjah Mada, yaitu di peringkat 331. Pada posisi ke-empat, ada Universitas Agrikultur Bogor dengan peringkat 601 dan universitas asal Indonesia terakhir yang masuk pada  peringkatnya, Universitas Airlangga pada peringkat 651.

Nah, ternyata, ada 1 perguruan tinggi yang sempat masuk dalam Top Universities Ranking ini pada 2018 dan 2019, yaitu Universitas Brawijaya pada posisi 801 sayangnya pada penghitungan peringkat untuk 2020, perguruan tinggi ini gagal masuk peringkatnya. Selain perguruan tinggi yang disebutkan, belum ada lagi perguruan tinggi tanah air yang masuk daftar perguruan tinggi internasional.

Berdasarkan Times Higher Education Ranking, misalnya yaitu peringkat untuk seluruh perguruan tinggi dunia yang dinilai berdasarkan seberapa signifikan penelitian yang perguruan tinggi itu lakukan dan seberapa sering hasil penelitian itu dicatut di seluruh dunia, perguruan tinggi asal Indonesia yang berhasil masuk daftarnya pada 2019 adalah Universitas Indonesia pada peringkat 601, Institut Teknologi Bandung pada posisi 801 dan Universitas Agrikultur Bogor pada peringkat 1001.