*/?>

Ikuti 9 Poin Ini Agar Pasfoto Sesuai Ketentuan SNMPTN - SBMPTN 2022

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 04 Jan 2022
Sumber gambar : pasfoto
Sumber gambar : pasfoto

Salah satu ketentuan administratif yang tak boleh dilupakan agar menjadi siswa eligible Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri - Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN - SBMPTN) 2022 adalah soal pasfoto. 

Karena SNMPTN - SBMPTN bersifat nasional, maka syarat-syaratnya memang harus rigid, bahkan kamu juga harus memperhatikan perintilan-perintilan macam foto yang kamu unggah di laman resmi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) ini. Selain sebagai identitas diri, pasfoto ini juga yang akan memudahkan pihak penyelenggara SNMPTN - SBMPTN meminimalisir kecurangan saat hari-H.

Nah, apa saja sih syarat pasfoto yang diminta LTMPT agar siswa menjadi eligible SNMPTN - SBMPTN 2022? Yuk cek 9 poin di bawah:

  1. Pasfoto ukuran 4x6 dengan resolusi minimal 200 px X 300 px (kira-kira 250 dpl) dan rasio 2:3
  2. Foto yang digunakan wajib berwarna serta memakai latar belakang polos. Warna untuk latar belakang boleh apa saja
  3. Pasfoto berformat JPEG/JPG/PNG
  4. Ukuran foto maksimal 300 KB
  5. Orientasi portrait/vertikal
  6. Badan serta kepala posisinya tegak sejajar dengan menghadap kamera
  7. Foto wajib terlihat tajam dan fokus
  8. Pasfoto bagian kepala tidak boleh ada yang terpotong. Wajah juga tidak boleh tertutup dengan ornamen
  9. Pasfoto bagian kepala berada di tengah secara horizontal, jadi jarak kepala dengan batas kanan serta kiri kurang lebih sama.

Sementara itu, SNMPTN dan SBMPTN akan dilaksanakan bergiliran untuk tahun ajaran baru ini. Bagi yang tertarik namun belum paham apa sih SNMPTN atau SBMPTN itu, bisa baca di artikel kuliahdimana.id satu ini > Beda SNMPTN dan SBMPTN?. Bisa juga kunjungi laman kuliahdimana.id lainnya untuk membantumu meniti karir pendidikan tinggimu yang lainnya!