*/?>

5 Perguruan Tinggi Tertua di Indonesia, Apakah Termasuk Kampusmu?

Pendidikan
Reporter : Tempo.co, 02 Jan 2022
Kampus UGM (ugm.ac.id)
Kampus UGM (ugm.ac.id)

Menempuh pendidikan tinggi merupakan salah satu hal yang penting, tak heran di Indonesia ada puluhan bahkan ratusan perguruan tinggi yang tersedia untuk anak Bangsa.

Beberapa perguruan tinggi di Indonesia sudah memiliki usia yang cukup tua dan masih berdiri hingga sekarang, berikut adalah 5 perguruan tinggi tertua itu:

1. Universitas Indonesia (UI)
Perguruan tinggi yang berada di Depok, Jawa Barat awalnya merupakan sekolah kedokteran dengan nama School of Medicine for Indigenous Doctors atau yang dikenal sebagai STOVIA yang berdiri pada era kolonial Belanda pada tahun 1849. Mengutip dari Brainacademy.id, STOVIA berganti nama menjadi Universiteit Indonesia pada tahun 1950.

2. Institut Teknologi Bandung (ITB)
Pemerintah kolonial pada tahun 1920 mendirikan de Techniche Hoogeschool te Bandung (TH) untuk memenuhi kebutuhan tenaga teknik yang semakin terbatas pada masa kolonial Belanda akibat pecahnya Perang Dunia pertama. Mengutip dari Itb.ac.id, pada tanggal 2 Maret 1959 paca kemerdekaan, Pemerintah Indonesia resmi mendirikan ITB

3. Universitas Gadjah Mada (UGM)
Berdasarkan Peraturan Pemerintah, UGM berdiri pada tanggal 16 Desember 1949. Mengutip dari Ugm.ac.id, tanggal 19 Desember menjadi tanggal hari ulang tahun UGM karena membekas dengan peristiwa bersejarah bagi Bangsa Indonesia.

UGM awalnya merupakan gabungan dari beberapa sekolah tinggi, yaitu Balai Perguruan Tinggi Gadjah Mada, Sekolah Tinggi Teknik, dan Akademi Ilmu Politik yang terletak di Yogyakarta, Balai Pendidikan Ahli Hukum di Solo, dan Perguruan Tinggi Kedokteran Bagian Praklinis di Klaten.

4. Institut Pertanian Bogor (IPB)
IPB berdiri semenjak 1 September 1963 yang awalnya dimulai dari berdirinya Fakultas Ilmu Pengetahuan Pertanian, Universitas Indonesia di Bogor. Mengutip dari Ipb.ac.id, dibentuknya fakultas tersebut adalah awal mula beridirnya IPB sekaligus menjadi tanda mulainya pendidikan tinggi pertanian di Indonesia.

5. Universitas Airlangga (Unair)
Berdirinya Unair berawal dari lembaga pendidikan Nederlands Indische Artsen School (NIAS) dan School Tot Opleiding van Indische Tandartsen (STOVIT). Melansir dari Unair.ac.id, kedua lembaga pendidikan ini didirikan oleh pemerintah Hindia Belanda pada 1913 dan 1928.

Pasca kemerdekaan pada 1954, Pemerintah Republik Indonesia resmi membuka Unair Surabaya yang merupakan lembaga pendidikan tinggi pertama di kawasan timur Indonesia.

Tempo.co/Valmai Alzena Karla