*/?>

Mengenal Lebih Jauh Tentang Program KKN Tematik

Pendidikan
Reporter : Gerin Rio Pranata, 29 Jan 2022
Mahasiswa Universitas Maranatha Bandung mendampingi warga sekitar Sungai Citarum dalam KKN tematik, November 2018. (news.maranatha.edu)
Mahasiswa Universitas Maranatha Bandung mendampingi warga sekitar Sungai Citarum dalam KKN tematik, November 2018. (news.maranatha.edu)

Pada 27 Juli 2020 lalu melalui kanal resmi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi yang berada di bawah Kementerian Pendidikan dan Budaya dan Direktorat Perguruan Tinggi, melakukan sosialisasi terkait sistem Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilakukan secara tematik dengan tema Covid-19, Literasi dan Numerasi.

Dalam sosialisasi tersebut mereka memberikan gambaran terkait pelaksanaan, gambaran serta arahan KKN Tematik yang diselenggarakan. Kegiatan KKN Tematik juga menjadi serangkaian program Relawan Covid-19 Nasional (RECON) guna memaksimalkan peran mahasiswa dalam kondisi pandemi ini.

Mengenai pengertian KKN Tematik, lp3m.ikipmumaumere.ac.id menjelaskan bahwa KKN Tematik merupakan suatu media yang efektif dan edukatif dengan proses menerjunkan mahasiswa ketengah-tengah masyarakat untuk menangkap dan menghayati denyut nadi kehidupan masyarakat.

Program ini merupakan kolaborasi antara Ditjen Dikti Kemdikbud bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia (ISMKI), Asosiasi Institusi Pendidikan Kedokteran Indonesia (AIPKI), Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Rektor Perguruan Tinggi dan pemangku kepentingan terkait (hingga tingkat daerah).

Tiga Jenis KKN Tematik
Berdasarkan dikti.kemdikbud.go.id, Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ditjen Dikti, Aris Junaidi mengungkapkan, KKN Tematik dilaksanakan dengan 3 jenis program, yakni KKN Tematik Covid-19 Daring, KKN Tematik Covid-19 Luring, KKN Tematik Literasi dan Numerasi (secara daring dan luring).

Untuk program KKN Tematik Covid-19 akan dilakukan secara daring dan dikoordinir Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, dan Perguruan tinggi. Untuk KKN Tematik Literasi dan Numerisasi akan dilakukan secara daring maupun luring sebagai bimbingan belajar kepada siswa untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) dan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Udrekh, Direktur Sistem Penanggulangan Bencana pada Deputi Bidang Sistem dan Strategi BNPB menyampaikan, bahwa kegiatan ini menjadi sebuah wadah kreatif bagi mahasiswa yang didampingi oleh berbagai institusi ataupun lembaga, serta memberikan assessment terhadap setiap daerah apakah daerah tersebut sudah memiliki ketangguhan desa terhadap Covid-19.

Selain itu, adanya KKN Tematik ini juga menjadi wadah bagi mahasiswa untuk menangkap berbagai permasalahan yang dihadapi masyarakat, potensi sumber daya daerah yang akan dikembangkan.

Berdasarkan kampusmerdeka.um.ac.id, adanya program KKN Tematik ini juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan keterampilan yang dimilikinya bekerja sama dengan banyak pemangku kepentingan di lapangan melalui keterlibatan mahasiswa.

GERIN RIO PRANATA/Tempo.co