*/?>

7 Kampus Indonesia di peringkat QS Asia University Ranking

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 25 Sep 2019
Sumber: Poets
Sumber: Poets

QS Asia University Ranking adalah penilaian atas kualitas universitas di seluruh Asia, di mana Indonesia termasuk di dalamnya. Peringkat didapatkan setelah mengakumulasi poin seperti reputasi akademik berdasarkan para ekspertis tentang kualitas pengajaran di kelas, pendapat perusahaan-perusahaan tentang mahasiswa lulusan perguruan tinggi bersangkutan, fasilitas yang mahasiswa dapatkan untuk dapat mengakses pembelajaran, seberapa sering hasil penelitian dari perguruan tinggi itu dipergunakan, seberapa banyak pertukaran pelajar yang masuk ke perguruan tinggi bersangkutan dan seberapa banyak pengajar luar negeri mengajar di perguruan tinggi bersangkutan.

Adapun presentase penilaian berbobot 40% pada reputasi akademik, 10% pada pendapat perusahaan, 20% pada fasilitas bagi mahasiswa, 20% pada hasil penelitian yang disitasi, 5% jumlah pertukaran pelajar dan 5% untuk pengajar luar yang mengajar mahasiswa di perguruan tinggi bersangkutan. Berdasarkan penilaian itu pula, terdapat 7 perguruan tinggi yang berhasil masuk dalam peringkatnya. Berikut hasilnya:

  1. Universitas Indonesia pada peringkat 57 dengan poin akumulasi 60.8
  2. Universitas Teknologi Bandung pada peringkat 73 dengan poin akumulasi 53.8
  3. Universitas Gadjah Mada pada peringkat 74 dengan poin akumulasi 53.3
  4. Universitas Agrikultur Bogor pada peringkat 130 dengan poin akumulasi 37.9
  5. Universitas Airlangga pada peringkat 199 dengan poin akumulasi 28.9
  6. Universitas Padjajaran pada peringkat 225 dengan poin akumulasi 26.6
  7. Insitut Teknologi Sepuluh November pada peringkat 229 dengan poin akumulasi 26.3

Perguruan tinggi yang masuk ke dalam daftar peringkat QS Asia University Ranking menunjukkan jika perguruan tinggi ini cukup dipandang baik di Asia dan berhasil menduduki peringkat bersama 496 perguruan tinggi se- Asia lainnya.