*/?>

Tips Mendapat IPK Cum Laude

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 25 Sep 2019
Sumber gambar: Justifying Low GPA
Sumber gambar: Justifying Low GPA

Mendapatkan IPK atau Indeks Prestasi Kumulatif minimal 3.00 bisa jadi penting bagi mahasiswa. IPK sendiri merupakan penilaian kumulatif nilai mahasiswa selama satu periode berkuliah, nilai bisa bervariasi dari 1,00 sampai 4,00. Selain kebanggaan, IPK tinggi juga bisa membuat mahasiswa lulus dengan gelar cum laude, yaitu lulus dengan gelar kehormatan. Menggenggam IPK tinggi, bisa menjadi salah satu bekal utuk masa depan, Tidak sedikit perusahaan menjadikan IPK sebagai pertimbangan untuk rekrutmen karyawannya, walau tentu IPK bukan satu-satunya faktor penentu sukses atau tidaknya berkarir,  Karena menjadi  salah satu faktor penting  nilai IPK harus dijaga terus agar lebih bermanfaat untuk masa depan. Bagaimana supaya tetap bisa mempertahankan IPK tetap tinggi, berikut beberapa tips diantaranya (collegedata.com)

Pertama, saat proses pembelajaran di kelas sering mencatat hal-hal penting agar tak ada bahan pelajaran yang terlupakan, duduk di barisan depan agar fokus, bertanya dan jadilah aktif saat dosen mengajar dan bertanya termasuk kerjakan tugas dengan rajin.

Kedua, jadwalkan hal-hal penting. Misal, menjadwal tanggal pengumpulan tugas, menyiapkan waktu untuk membaca ulang pelajaran hari itu dan membuat daftar berisi hal-hal penting apa saja yang perlu dilakukan hari itu.

Ketiga, belajar dengan efektif. Jangan belajar satu malam sebelum ujian, namun belajarlah sedikit demi sedikit sehingga saat mendekati ujian, otak tidak dipaksa terlalu berat berpikir. Selain itu, pilihlah lokasi belajar yang menyenangkan agar belajar menjadi lebih semangat.

Keempat, Jagalah kesehatan, dimulai dari tidur cukup hingga mengatur ritme hidup sepanjang hari termasuk berbanggalah ketika berhasil. Memberi penghargaan bagi diri sendiri itu juga sehat bagi kesehatan diri. Jika kesulitan, jangan sungkan bertanya pada siapa pun seperti orang tua atau dosen.

Selain 4 cara di atas, sikap positif dan tak mudah merasa gagal ketika gagal juga penting. Perlu dipahami, kegagalan bisa menjadi pembelajaran tersendiri yang sama berartinya seperti ketika berhasil. Motivasilah diri agar selalu optimis sehingga diri tidak mudah menyerah ketika gagal dalam belajar. Selamat mencoba dan raihlah IPK impianmu.