*/?>

4 Trik Cek Apakah Kamu Sudah Siap Ujian

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 02 Mar 2022
Sumber gambar : Finance Institute
Sumber gambar : Finance Institute

Berhadapan dengan ujian yang tinggal hitungan hari kadang suka membuat cemas. Kita bahkan bisa jadi susah tidur karena tak bisa berhenti bertanya, "belajarnya sudah cukup belum ya?' ke diri sendiri. Yup, seringkali kita merasa belum siap meskipun sudah membolak-balik buku sampai tintanya kemana-mana.

Tapi taukah kamu kalau ada cara mengetahui kalau kamu sudah cukup siap ujian? Berikut 4 tips untuk cek kalau kamu sudah cukup belajar dan kemungkinan besar akan lulus saat menghadapi ujian. Bisa langsung dicoba dan dipraktekkan bagi kamu-kamu yang sebentar lagi akan tes Ujian Tertulis Berbasis Komputer - Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK SBMPTN) 2022!

Ringkasan

Cobalah ringkasan bab yang sudah kamu pelajari tanpa membaca ulang catatan. Di bagian ini, memorimu terhadap apa yang sudah kamu baca akan diuji. Jika ujianmu berupa ujian esai, membuat ringkasan juga bisa menjadi sarana latihanmu merangkai kata. Di saat ujian nanti, yakin kamu akan lulus jika saat belajar kamu sudah lancar menuliskan ulang apa yang sudah kamu hafal.

Buatlah peta pikiran (mindmap)

Tes selanjutnya adalah mencoba menghubungkan poin-poin penting dari bab yang kamu pelajari serta jelaskan bagaimana bagian-bagian yang saling berhubungan ini akhirnya dapat menjadi suatu kesatuan. Kamu bisa coba mulai dari judul terbesar sampai sub-judul dan bagian-bagian detailnya. Semakin banyak cabang yang bisa kamu buat, maka semakin siap kamu menghadapi ujian!

Menjelaskan Ulang

Coba jelaskan topik pelajaranmu kepada kelompok belajar, anggota keluarga, atau temanmu.Berpura-pura lah menjadi guru untuk mengecek apakah kamu mampu menjelaskan ulang apa yang sudah kamu serap dari bahan bacaanmu. Jika mereka melemparkan pertanyaan, cobalah menjawabnya tanpa membaca ulang catatanmu. Jika lolos di tahap ini, ujian akan terasa mudah nantinya.

Latihan Soal

Tahap terakhir adalah mulai mengerjakan soal-soal yang ada di bukumu tanpa menggunakan catatan sebagai panduan. Bagian ini adalah bagian wajib dalam setiap proses belajar. Tak hanya ingatanmu yang diuji, kamu juga akan masuk dalam simulasi tes yang sedikit banyak akan mirip denga ujianmu. Cobalah mengerjakan soal lalu cocok jawabannya dengan kunci ketika selesai untuk mengecek seberapa banyak kamu menjawab benar

Nah, jika setelah mencoba 4 poin di atas dan kamu sudah menguasai 70% -90% materi yang dibahas, kamu dapat berhenti belajar. Jika kamu masih di bawah nilai 70%, kamu harus memulai proses belajar ulang lagi. Idealnya, kamu perlu mengulangi proses ini sampai kamu mendapatkan skor 70% -90%. Yuk semangat!