*/?>

Mau Masuk Jurusan Kedokteran di Luar Negeri? Pertimbangkan 4 Negara Ini!

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 04 Mar 2022
Sumber gambar : Etatics
Sumber gambar : Etatics

Dengan permintaan akan tenaga ahli kesehatan yang makin tinggi, maka wajar kalau kamu dan banyak calon mahasiswa lainnya ingin masuk sekolah kedokteran. Kalau ditanya di mana, kita punya universitas dalam negeri yang bermutu macam Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Gadjah Mada (UGM). Tapi kalau melanjutkan studi kedokteran di luar negeri? Kamu bisa pilih universitas di 4 negara di bawah ini!

Amerika Serikat

Amerika Serikat atau yang biasa disingkat AS memiliki sekolah kedokteran terkemuka, rumah sakit kelas dunia, berbagai kesempatan belajar dari penelitian progresif, Sesuai dengan peringkat Universitas Top QS, daftar sepuluh besar termasuk Harvard, Stanford, Johns Hopkins, UCLA, Yale, dan UC-San Francisco. Fakultas ahli
AS, tanpa diragukan lagi, adalah negara terbaik untuk belajar kedokteran.

Inggris

Berada di peringkat dua setelah AS, Inggris punya segudang sekolah kedokteran terkemuka serta rumah sakit tingkat lanjut. Banyak dari dokter yang berhasil tembus ke lini kesehatan merupakan lulusan dari universitas ternama seperti Oxford dan Cambridge. Di Oxford, misalnya, siswa diajarkan dasar-dasar kedokteran – dengan penekanan pada penelitian. Dibandingkan dengan kebanyakan negara lain, menyelesaikan gelar kedokteran di Inggris juga sedikit lebih cepat. Di sini, yang perlu kamu lakukan hanyalah mengambil program sarjana tiga tahun, diikuti oleh sekolah kedokteran selama tiga tahun.

Australia

Australia terkenal dengan sekolah kedokterannya bereputasi baik serta perkembangan perawatan medis yang inovatif. Popularitas Australia sebagai negara dengan banyak siswa luar negeri ini terlihat jelas dalam statistik. Dari hampir 4.000 mahasiswa kedokteran hingga saat ini, lebih dari 650 adalah pendaftar internasional. Banyaknya siswa luar negeri ini tersebar di University of Melbourne, University of Sydney, dan Monash University.

India

India adalah salah satu negara paling populer bagi siswa internasional yang ingin belajar kedokteran. Hingga saat ini, ada lebih dari 1.700 warga negara asing yang terdaftar di sekolah kedokteran India. Ada beragam sekolah kedokteran yang tersedia untuk penduduk lokal dan asing. Ada 542 perguruan tinggi kedokteran saat ini, jadi kamu pasti akan menemukan sekolah yang akan memenuhi kebutuhanmu. Selain itu, biaya pendidikanya jauh lebih murah dibandingkan negara lain.