*/?>

Berpakaian Profesional Di Hari Pertama Kerja, Sepenting Itu, kah?

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 08 Mar 2022
Sumber gambar : Career Guide
Sumber gambar : Career Guide

Berpakaian profesional. Topik ini adalah salah satu hal yang lulusan baru sering lupakan ketika hendak terjun ke dunia kerja. Lebih sering dibicarakan tips lolos wawancara atau tips adaptasi di hari pertama kerja tetapi, justru sebelum itu semua, perlu juga dipahami sedikitnya tentang berpakaian profesional ini. 

Kalau didefinisikan, berpakaian profesional menggambarkan tingkat formalitas pakaian yang bisa seseorang pakai untuk bekerja. Sebagian besar tempat kerja tidak menyimpan kode tertulis tentang barang apa saja yang harus dikenakan karyawan; sebaliknya, mereka menggunakan istilah luas seperti "profesional bisnis" atau "bisnis formal". Bagaimana menentukan apa yang kamu harus pakai? Kamu bisa dengan mudah melakukan observasi pada cara berpakaian karyawan kantormu lalu menirunya. 

3 Hal yang Perlu Diingat Soal Berpakaian Profesional

Harus Nyaman

Pilih pakaian yang nyaman dan memberikan ruang gerak cukup agar kamu tidak terganggu selama hari kerja. Misalnya, jika kamu perlu menghabiskan sebagian besar hari dengan berdiri, kamu harus mengenakan sepatu yang nyaman dan mendukung. Bayangkan betapa terganggunya kamu saat bekerja kalau kamu hanya memikirkan estetika tanpa ingat kenyamanan.

Sesuaikan dengan Selera

Pakaian yang kamu kenakan bisa menjadi cara untuk menunjukkan kepribadian unikmu sebagai seorang individu. Bahkan di lingkungan profesional, kamu dapat membedakan dirimu dengan karyawan lainnya melalui warna, pola, dan aksesori. Ini bisa sangat berarti dalam profesi kreatif, seperti desain. Selain itu, akan lebih mudah bagi teman-teman kantor untuk mengingatmu jika gaya berpakaian profesionalmu unik dan menarik.

Perhatikan Aksesoris

Berpakaian secara profesional melibatkan lebih dari sekadar pakaian yang kamu kenakan. Kamu harus bersih dan rapi. Pertimbangkan gaya rambut dan aksesorimu untuk memastikannya sesuai dengan standar perusahaan. Kamu dapat memperhatikan bagaimana orang lain di departemen tempatmu bekerja berpakaian lalu mencocokkan tingkat formalitas itu.

Mengapa Harus Berpakaian Profesional?

Ada beberapa alasan mengapa kamu harus berpakaian profesional saat bekerja, di antaranya:

  1. Membantumu membuat kesan pertama yang baik pada pewawancara kerja atau profesional jaringan.
  2. Dapat meningkatkan kepercayaan diri dengan memungkinkan kamu tampil sebagai seseorang yang siap bekerja
  3. Mempromosikan rasa hormat dari orang lain.
  4. Dapat meningkatkan motivasi dan produktivitas di tempat kerja
  5. Menarik perhatian (dalam artian baik) sehingga kamu tampak lebih menonjol dari karyawan lain
  6. Mendorong diri agar lebih kompetitif
  7. Menunjukkan bahwa kamu adalah pekerja yang peduli dengan detail (biasanya disukai perusahaan)

Pada akhirnya, berpakaian profesional bukan cuma soal branding diri tetapi dalam prosesnya, kamu juga akan belajar. Kamu akan belajar memahami apa yang cocok/tidak cocok untukmu, kamu juga akan belajar menjadi individu yang penuh percaya diri. Keuntungannya akan kembali kepadamu ketika kamu mulai menerapkannya.