*/?>

Ini Dia 6 Bahasa Tersulit Di Dunia, Mana yang Kamu Sudah Kuasai?

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 09 Mar 2022
Sumber gambar : legit.ng
Sumber gambar : legit.ng

Dengan dunia yang makin terhubung, rasanya sudah tak cukup kalau kita cuma bisa satu bahasa saja. Peluang profesi yang bakal lebih beragam bisa ada di depan mata kalau kita menguasai banyak bahasa, entah yang populer atau unik. Sayangnya, bisa berbahasa inggris adalah hal biasa akhir-akhir ini. Sudah banyak orang memahami bahasa ini sebagai bahasa kedua. Mau lebih maju dari yang lain dan punya peluang masa depan yang lain daripada yang lain? Coba tantang dirimu untuk terjun ke 6 bahasa tersulit di dunia di bawah ini!

Bahasa Mandarin

Mandarin dianggap sebagai bahasa yang paling sulit untuk dikuasai di dunia! Dituturkan oleh lebih dari satu miliar orang di dunia, bahasa tersebut dapat menjadi sangat sulit bagi orang-orang yang bahasa ibunya menggunakan sistem penulisan Latin. Apa yang membuat bahasa Mandarin sulit untuk dipahami adalah bahasanya yang bernada dengan ribuan karakter dan sistem penulisan yang rumit.

Bahasa Arab

Bahasa Arab adalah ratu bahasa puitis, bahasa resmi ke-6 PBB dan kedua dalam daftar bahasa tersulit untuk dipelajari. Bahasa ini sangat populer di Timur Tengah dan Afrika dengan lebih dari 300 juta pembicara; Mempelajari bahasa ini akan memaparkanmu pada beberapa karya sastra dan tulisan sejarah terbaik. Ini adalah bahasa yang sulit karena banyak dialeknya, kosa kata yang sangat banyak (lebih dari 200 sinonim), gaya penulisan kanan ke kiri, pengucapan yang sulit dan kurangnya vokal dalam bahasa tersebut.

Bahasa Telugu

Salah satu bahasa Dravida paling populer di India; Telugu berasal dari negara bagian seperti Andhra Pradesh dan Telangana di India dan terdaftar di antara 22 bahasa resmi di India. Dijuluki sebagai 'Italia dari Timur', Telugu adalah bahasa merdu bagi non-pribumi yang tidak memiliki pemahaman bahasa Sansekerta atau bahasa India Selatan populer lainnya. Kombinasi faktor-faktor yang membuat bahasa ini menjadi sulit untuk non-pribumi adalah karena skripnya yang sulit untuk digunakan dan faktor pengucapan yang dapat membuat bahasa tersebut sulit dipahami. Cara menyenangkan untuk membiasakan diri dengan bahasa ini adalah dengan menonton film dan mendengarkan lagu Telugu!

Bahasa Jepang

Bahasa Jepang adalah bahasa lain yang sulit bagi mereka yang tumbuh dewasa belajar bahasa Inggris, Spanyol atau Prancis tetapi pada saat yang sama mungkin mudah bagi mereka yang fasih dalam bahasa-bahasa Asia Timur. Sebuah bahasa tanpa jamak, bahasa Jepang adalah bahasa bagi penduduk asli Jepang yang sangat bangga dengan bahasa mereka dan berusaha keras untuk melestarikannya! Bahasa Jepang adalah bahasa yang kompleks karena struktur kalimatnya, ribuan karakter kanji, dan lusinan dialek.

Bahasa Polandia

Bahasa keenam yang paling populer di Uni Eropa dan diakui sebagai bahasa minoritas di negara-negara seperti Republik Ceko, Hongaria, Ukraina, dan Lituania. Bahasa Polandia adalah salah satu bahasa yang paling sulit untuk dipelajari di dunia. Kosakata dalam bahasa Polandia membingungkan dan mungkin sulit diucapkan untuk penutur bahasa Inggris. Meskipun bahasanya menggunakan aksara Latin, ia memiliki beberapa huruf tambahan, sistem gaya bebas tata bahasa yang kompleks dan sangat bergantung pada konsonan. Menguasai bahasa ini dapat membuka banyak peluang, mulai dari jalan-jalan hingga belajar di Polandia!

Bahasa Turki

Bahasa Turki adalah bahasa yang sangat populer dengan sejarah dan budaya yang kaya yang terkait dengannya. Ini asli ke Turki dan mapan di negara lain seperti Siprus, Bulgaria, dan Yunani. Untuk penutur bahasa Inggris non-pribumi, bahasa ini berat dan memakan waktu karena aspek pengucapan, tata bahasa, dan pendengarannya. Ada beberapa hal positif seperti menggunakan abjad Latin dan merupakan bahasa fonetik.