*/?>

Lanjut S2? Ini 4 Alasan Utamanya!

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 11 Mar 2022
Sumber gambar : scholarship positions
Sumber gambar : scholarship positions

Kamu sudah di penghujung S1 atau masih di pertengahan semester tapi sudah mulai menerawang ke depan? Kali ini artikel ini akan cocok untukmu karena akan membahas soal keuntungan lanjut studi ke S2 atau yang biasa disebut jenjang Master. Kamu akan dibawa masuk untuk memikirkan ulang pentingnya melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi sehingga keputusan masa depanmu akan lebih matang! Tanpa berlama-lama, ini dia 4 alasan kamu harus lanjut S2!

Personal Growth

Program pascasarjana adalah soal kemandirian. Dengan demikian, mahasiswa di tingkat ini harus lebih berupaya secara pribadi dalam proses pembelajaran dan terlibat aktif. Ini akan mengembangkan keterampilan pribadi dan profesional baru, seperti kemandirian, motivasi diri, manajemen waktu, dan banyak lagi. Pertemuanmu dengan sesama siswa dari berbagai negara dan usia yang berbeda akan membantumu mengembangkan keterampilan sosial dan kepercayaan diri dalam komunikasi.

Koneksi Untuk Karir

Selama sarjana, kamu juga bertemu banyak orang yang berbeda dan kamu bisa membangun koneksi yang berpotensi bertahan seumur hidup, jadi apa bedanya selama kamu membangun koneksi di gelar Master? Pertama, pola pikirmu akan berbeda, kamu dan mereka yang mengejar glar S2 akan sama-sama memikirkan karir yang lebih baik dan menjadi spesialis yang lebih baik di bidangmu. Salah satu hal terbesar yang harus dimiliki saat kamu mulai bekerja atau mencari pekerjaan yang baik adalah mengenal orang-orang seperti yang juga punya tujuan sukses sama. Selama menjajal S2, kamu akan memiliki kesempatan terbaik untuk membuat jaringan seperti itu!

Gaji Lebih Besar

Gelar S2 adalah investasi di masa depan finansialmu. Seorang karyawan yang telah memperoleh gelar master biasanya menghasilkan lebih banyak per tahunnya daripada karyawan yang lulus hanya dengan gelar sarjana. Tambahan gaji selama karimu bisa berarti lebih banyak tabungan, hidup lebih nyaman; kamu bisa merencanakan liburan impian, atau keamanan dalam keadaan darurat. Meraih gelar S2 juga dapat membuka jalur ke peluang kerja tambahan di pendidikan tinggi. Dengan gelar ini, kamu dapat memenuhi syarat untuk mengajar di bidang keahlian di perguruan tinggi atau universitas baik penuh atau paruh waktu. Pengajaran paruh waktu adalah sumber penghasilan tambahan yang sangat baik dan dapat menjaga pengetahuanmu tetap terkini di bidang yang telah kamu pelajari.

Menjadi Penemu

Di pendidikan S2, kamu akan memiliki kesempatan untuk memajukan inovasi ilmiah dan teknologi yang memengaruhi kehidupan manusia setiap hari. Itu karena tingkat partisipasimu akan lebih dalam dan penelitianmu juga akan lebih kompleks. Kamu mungkin bisa menemukan penemuan baru yang belum pernah diriset sebelumnya atau mengembangkan riset yang sudah ada hingga masuk ke tahap kaji yang lebih dalam lagi. Kamu bisa benar-benar memberikan pengaruh pada kehidupan manusia hari ini, tak mengecualikan bidang-bidang tertentu. Kalau kamu haus akan penelitian yang merubah dunia, masuk jenjang pendidikan lebih tinggi bisa jadi pintu masuknya.