*/?>

6 Universitas Jurusan Biologi Kelautan Terbaik di Dunia

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 21 Mar 2022
Sumber gambar : The University of Western Australia
Sumber gambar : The University of Western Australia

Mencintai laut dan segala isinya? Biologi Kelautan mungkin bisa jadi pilihan studimu di masa depan. Perlu diketahui, jurusan ini lebih dari sekadar berenang bersama hewan laut – jurusan ini adalah kunci untuk memahami dan menanggapi masalah penting yang dihadapi planet kita, seperti pemanasan global dan dampak pariwisata serta polusi di lautan kita.

Biologi Kelautan melibatkan studi tentang proses kehidupan organisme yang menghuni lingkungan air asin - dari genetika dan evolusi hingga sifat fisiologis dan fungsi ekosistem. Mahasiswanya akan mempelajari aspek kelautan, keanekaragaman hayati, proses organisme, serta ekologi dan ekosistem, lalu mengeksplorasi tanggapan konservasi dan pengelolaan terhadap perubahan laut. Lulusannya dipersiapkan dengan baik untuk karir yang berkaitan dengan biologi kelautan, biologi, ekologi, manajemen sumber daya, konsultasi lingkungan atau pendidikan lingkungan.

Ingin melanjutkan studi tingkat lanjut di jurusan biologi kelautan dan mendapatkan peluang karir yang besar setelah lulus? Intip 6 universitas jurusan biologi kelautan terbaik di dunia di bawah ini!

6 Universitas Jurusan Biologi Kelautan Terbaik di Dunia

James Cook University

James Cook University

Fakultas Sains dan Teknik James Cook University (JCU) menampung program biologi kelautan untuk jalur sarjana dan pascasarjana. Perguruan tinggi satu ini menggunakan pendekatan pembelajaran dan penelitian langsung untuk memastikan hasil yang berkualitas. Karena JCU berfokus untuk memajukan disiplin ilmu di dalam dan di sekitar biologi kelautan, tidak mengherankan jika kualitasnya melampaui standar. Universitas ini telah menerima banyak penghargaan dan kehormatan untuk keunggulan penelitian dan lulusannya. Tidak mengherankan jika JCU adalah salah satu sekolah biologi kelautan terbaik dan saat ini berada di posisi teratas di antara institusi internasional yang menawarkan biologi kelautan.

Ocean University of China

Ocean University of China

Ocean University of China memantapkan dirinya sebagai Universitas Swasta Qingdao pada tahun 1924. Qingdao kemudian dinasionalisasi pada tahun 1930 dan berganti nama menjadi Universitas Nasional Shandong. Penggabungan dan beberapa nama berubah kemudian, Departemen Pendidikan berubah nama menjadi  Ocean University of China pada tahun 2002. Lembaga ini membanggakan diri dalam mencapai keunggulan di bidang ilmu perikanan dan kelautan. Fakultas Ilmu Kelautan Ocean University of China dimulai dengan pendirian OUC itu sendiri. Ocean University of China adalah salah satu institut terbaik untuk biologi kelautan, dengan dukungan penuh dari pemerintah China.

University of Queensland

University of Queensland

Undang-undang Parlemen Negara Bagian 1909 mendirikan University of Queensland (UQ) di Brisbane, Australia. Universitas ini didirikan secara resmi pada tahun 1910, dan pengajaran dimulai pada tahun berikutnya. UQ berkembang pesat setelah Perang Dunia I, mengembangkan bidang dan disiplin ilmunya beberapa dekade ke depan. Pusat Ilmu Kelautan University of Queensland adalah lembaga penelitian dan pelatihan terkemuka untuk disiplin ilmu kelautan. Pusat Ilmu Kelautan di University of Queensland ini adalah salah satu kolaborasi ahli kelautan terbesar dan paling beragam di Australia. Melalui upaya fakultas, peneliti, dan mahasiswanyam University of Queensland secara konsisten menempati peringkat atas sebagai salah satu yang terbaik di antara universitas biologi kelautan di seluruh dunia.

University of Tasmania

University of Tasmania

University of Tasmania dimulai pada tahun 1890 dan merupakan universitas tertua keempat di Australia. Universitas ini mempromosikan filosofi simbiosis antara lingkungan dan komunitas akademik dan penelitian. Hubungan tersebut berkisar pada studi dan pelestarian lingkungan untuk kepentingan kedua belah pihak. Di antara banyak fakultas yang tersedia, ada Institut Studi Kelautan dan Antartika sebagai institusi utama University of Tasmania. Institut ini membanggakan diri sebagai pusat keunggulan kelas dunia untuk penelitian dan pendidikan. Berbagai organisasi yang masuk peringkat global telah mengutip University of Tasmania untuk kualitas tinggi ilmuwan dan peneliti terlatih, menempatkannya di kelompok atas universitas jurusan bilogi kelautan secara global.

Aarhus University

Aarhus University

Departemen Ekosains Aarhus University dimulai pada tahun 1989 sebagai Institut Penelitian Lingkungan Nasional (NERI). NERI menjadi bagian dari Aarhus University kemudian menjadi Departemen Ekosains. Rentetan pergantian nama menjadi ciri strategi departemen yang selalu berubah untuk beradaptasi dengan tantangan dan tuntutan ilmu biologi kelautan. Departemen Ekosains di lembaga biologi kelautan yang terhormat ini diakui di Denmark dan di seluruh dunia sebagai lembaga terkemuka saat ini untuk studi dan penelitian ilmu kelautan. Para ahli dan peneliti yang dihasilkannya diakui dengan baik di lapangan. Aarhus University menempati peringkat teratas lembaga ilmu biologi kelautan internasional di seluruh dunia.

Sorbonne University

Sorbonne University

Sorbonne University adalah salah satu sekolah biologi kelautan terbaik di dunia. Universitas ini dimulai pada 2018 sebagai universitas negeri yang dibuat oleh penggabungan Universitas Paris-Sorbonne dan Universitas Pierre dan Marie Curie. Fakultas Sains dan Teknik Universitas Sorbonne menampung program ilmu biologi kelautan institusi tersebut. Dengan sendirinya, Universitas Pierre dan Marie Curie sudah menempati peringkat di antara universitas ilmu biologi kelautan terbaik di dunia. Penggabungannya dengan Universitas Paris-Sorbonne membuat lompatan maju yang signifikan dalam ilmu kelautan. Keberhasilan fakultas terlihat melalui jumlah ilmuwan kelautan terlatih dari Sorbonne University, unggul dalam disiplin internasional.