*/?>

Mengenal Program Studi Bisnis Digital

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 24 Mar 2022
Sumber gambar : Innovation at Work
Sumber gambar : Innovation at Work

Jika jurusan ekonomi dan manajemen sudah biasa dan kamu ingin one step ahead dalam dunia bisnis, kamu bisa memilih jurusan yang jarang disebut namanya namun punya prospek berkembang yang bagus: Jurusan Bisnis Digital. Apa sih jurusan bisnis digital itu? Apa yang akan dipelajari dan mengapa kamu harus mengambil jurusan ini? Kita korek bersama di artikel kuliahdimana.id kali ini!

Apa Itu Jurusan Bisnis Digital? 

Program bisnis digital mewakili dampak teknologi baru pada praktik bisnis, produk, dan layanan. Munculnya komputasi sosial dan perangkat seluler telah secara dramatis mengubah perilaku dan karakteristik yang membawa individu dan organisasi menuju kesuksesan. Melalui jurusan ini, mahasiswanya akan fokus pada teknologi baru dan penerapannya dalam bisnis.

Secara umum, jurusan ini dimaksudkan untuk mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang mampu menguasai digital startup dan marketplace. Gelar sarjana yang diperoleh lulusan bukanlah Sarjana Ekonomi atau Sarjana Manajemen, melainkan Sarjana Bisnis Digital (S.BD). Jurusan Bisnis Digital memiliki keunggulan dalam pembelajaran bisnis dengan menggunakan teknologi digital. Program studi ini dikembangkan untuk mempersiapkan SDM di bidang penguasaan digital start-up, market place, big data, hingga kecerdasan buatan.

Mata Kuliah Jurusan Bisnis Digital

Berikut beberapa mata kuliah jurusan bisnis digital dilansir dari Jakarta Global University semester 3:

  1. Sistem Manajemen Data Besar dan Penambangan Data
  2. Komunikasi Bisnis Digital
  3. Pengoptimalan Mesin Pencari (SEO)
  4. Start-Up dan Perencanaan Bisnis Digital
  5. Manajemen Pengetahuan dan Inovasi
  6. Perilaku Konsumen dan Pasar
  7. Desain Grafis dan Situs Web
  8. Pemasaran Digital
  9. Kerja praktek
  10. Manajemen Strategis (DBM)*
  11. Pemrograman Bisnis Lanjutan (DBAD)*
  12. Kampus Merdeka (Pembelajaran di Luar Kampus)*
  13. Mata Uang Digital
  14. Metode penelitian
  15. Pengambilan Keputusan Bisnis
  16. Sistem dan aplikasi keamanan jaringan
  17. Pengembangan Aplikasi PC/Seluler
  18. Desain UI/UX
  19. Proyek Inovasi Digital
  20. Kecerdasan Buatan (DBAD)*
  21. Strategi Media Sosial (DBAD)*
  22. Manajemen Keuangan (DBM)*
  23. Manajemen Risiko (DBM)*

Mengapa Pilih Jurusan Bisnis Digital?

Di dunia yang semakin digital, ada baiknya menjadi yang terdepan dalam tren, aplikasi, dan prinsip digital. Dengan pemahaman tentang dampak teknologi baru pada praktik bisnis, produk dan layanan, spesialis bisnis digital akan dapat menerapkan keahlian mereka untuk mengembangkan solusi bisnis yang koheren dan efektif. Gelar dalam bisnis digital akan membekali lulusanya dengan pengetahuan bisnis serta keterampilan komputer dan teknologi komunikasi yang akan membuat mereka kompetitif dan diminati di pasar kerja.