*/?>

5 Alasan Memilih Jurusan Teknik Metalurgi

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 30 Mar 2022
Sumber gambar : ITB
Sumber gambar : ITB

Mahasiswa jurusan metalurgi mempelajari dan memproduksi bahan yang menggerakkan dunia kita. Mereka mengubah logam menjadi material berkinerja tinggi, logam dengan kemurnian tinggi, dan material baru yang digunakan di semua jenis produk termasuk superkonduktor, pelapis canggih, mobil, pesawat terbang, dan implan bedah. Mereka juga melakukan pengujian untuk memastikan keamanan bahan, mengembangkan bahan dan proses yang berkelanjutan untuk mendaur ulang bahan yang ada, menyelidiki kegagalan bahan, dan membuat prosedur pengujian untuk memastikan bahan dapat bertahan di lingkungan yang ekstrem. Mau makin yakin masuk ke jurusan satu ini? Cek 5 alasan memilih jurusan Teknik Metalurgi di bawah ini!

Jurusan Multidisipliner

Ada unsur fisika, matematika, biologi dan kimia, semua diajarkan secara kohesif, dan mandiri dalam jurusan ini; memberikan pengalaman yang bervariasi, memberi mahasiswanya alat untuk membuat perbedaan nyata dalam industri dan penelitian. Beberapa tema yang menonjol saat ini adalah biomaterial, nanomaterial, manufaktur, komposit, pembangkit dan penyimpanan energi, material hijau dan berkelanjutan.

Kelas Praktis

Jumlah dan fasilitas jurusan metalurgi memungkinkanmu untuk mendapatkan banyak kelas praktis di laboratorium penelitian, di mana kamu dapat menggunakan peralatan penelitian yang sebenarnya. Hal ini membuat pengalaman yang menarik. Kamu bisa bereksperimen sejak di bangku kuliah hingga lulus nantinya. Kalau kamu orang yang suka berinovasi, jurusan ini bisa jadi sangat cocok untukmu.

Keahlian Beragam Setelah Lulus

Kita sering membaca di surat kabar tentang kekurangan keterampilan di perusahaan berbasis teknologi di seluruh dunia. Karena sifat multidisiplin dari jurusan Teknik Metalurgi, kamu akan memperoleh berbagai keterampilan dan pengetahuan ilmiah dan teknis, di samping keterampilan umum lainnya seperti manajemen, keterampilan presentasi, kesehatan dan keselamatan kerja. Jenis pekerjaan yang diperoleh lulusan jurusan ini berkisar dari manajer pabrik, ilmuwan penelitian, CEO, konsultan, pengacara paten, hingga manajer pengembangan bisnis.

Prospek Kerja Luas

Kemampuan untuk membuat bahan baru dan membuat bahan yang ada bekerja lebih baik adalah kunci dari banyak kemajuan di bidang sains dan teknik, baik itu di industri atau organisasi penelitian. Beberapa perusahaan yang telah mempekerjakan lulusan jurusan ini antara lain seperti Airbus, Arthur Andersen, Alcoa, BASF, Bluescope Steel, BHP Biliton, CSIRO, Dow, DSTO, Esso, Exxon Mobil, Ford, Holden, Huntsman Chemical, Kraft, Moldflow, Maunsell, Melbourne Air, Nissan, Orica, Kabel Olex, Qenos, Telstra, Smith dan Keponakan, Toyota dan Webforge.

Go International? Why Not?

Teknik Metalurgi adalah aspek kunci dari sebagian besar perusahaan di seluruh dunia. Dalam perlombaan untuk membuat segala sesuatunya lebih kuat, lebih murah, lebih ringan, lebih fungsional, dan lebih berkelanjutan, manipulasi material, sifat, dan prosesnya adalah kuncinya. Ini berarti lulusan di bidang ini dapat bekerja, atau melakukan penelitian di sebagian besar negara di dunia!