*/?>

6 Jurusan Teknik Prospek Karir Cemerlang Dalam 5 Tahun Ke Depan

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 06 Mar 2023
Sumber gambar : Freepik
Sumber gambar : Freepik

Jurusan teknik itu banyak cabangnya, namun ada beberapa yang lebih menonjol dari yang lainnya sehingga diprediksi bakal naik peminatnya beserta naik kebutuhan keahlian lulusannya di berbagai industri. Sudah pasti kamu yang belum mulai kuliah dan masih mencari-cari jurusan teknik mana yang paling cocok untuk berkarir di masa depan sangat membutuhkan artikel kali ini. Kamu tentu ingin tahu jurusan teknik mana yang lulusannya diprediksi bakal memiliki karir cemerlang dalam 5 tahun ke depan, bukan? Maka itu mampir dulu ke sini. Di bawah ini adalah 6 jurusan teknik prospek karir cemerlang dalam 5 tahun ke depan!

(Baca juga: 10 Jenis Jurusan Teknik yang Kamu Wajib Tahu!)

6 Jurusan Teknik Prospek Karir Cemerlang Dalam 5 Tahun Ke Depan

Teknik Mesin

Teknik Mesin

Jurusan teknik mesin mempelajari gerakan, dari partikel hingga mesin besar. Dengan memeriksa, membuat, dan menguji perangkat dan sistem lainnya. Lulusannya dapat menggunakan keahlian mereka di berbagai bidang, termasuk energi, pertahanan dan keamanan, robotika, perawatan kesehatan, eksplorasi ruang angkasa, dan transportasi.

Teknik Elektro

Teknik Elektro

Jurusan teknik elektro mengajarkan mahasiswanya merancang, mengembangkan, menguji, dan mengawasi pembuatan peralatan listrik, seperti motor listrik, radar dan sistem navigasi, sistem komunikasi, atau peralatan pembangkit listrik. Insinyur kelistrikan juga merancang sistem kelistrikan mobil dan pesawat terbang.

Teknik Informatika

teknik informasi

Jurusan teknik informatika menghasilkan lulusan yang mengabdi pada inovasi yang komprehensif di bidang Teknologi Informasi. Struktur kurikulum teknik informatika dirancang untuk memberikan rangkaian keterampilan profesional agar memiliki kompetensi dasar untuk semua bidang terkait pengelolaan informasi secara teknis.

Teknik Perminyakan

Teknik perminyakan

Jurusan teknik perminyakan mengajarkan mahasiswanya cara merancang dan mengembangkan metode untuk mengekstraksi minyak dan gas dari endapan di bawah permukaan bumi. Mereka juga akan belajar menemukan cara baru untuk mengekstraksi minyak dan gas dari sumur yang lebih tua dan lebih rumit.

Teknik Kimia

Teknik kimia

Jurusan teknik kimia mempelajari teknologi desain pabrik. Perancangan pabrik di sini merujuk pada rekayasa proses yang dilakukan di dalam pabrik itu sendiri, seperti perancangan reaksi di dalam reaktor untuk mencapai produk yang diinginkan, perancangan sistem dalam memanfaatkan sumber daya energi di dalam pabrik, dan sebagainya.

Teknik Sipil

teknik sipil

Jurusan teknik sipil menerapkan prinsip-prinsip fisik dan ilmiah untuk desain, pengembangan, dan pemeliharaan baik lingkungan yang dibangun maupun yang dibangun secara alami. Ini termasuk infrastruktur seperti bandara, jembatan, bangunan, kanal, bendungan, jaringan pipa, pembangkit listrik, kereta api, dsb.