*/?>

7 Jurusan Kuliah Untuk Anak IPS Prospek Karir Gemilang

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 30 Jun 2021
Sumber gambar : Leverage Edu
Sumber gambar : Leverage Edu

Kali ini hadir untuk kamu anak IPS, artikel yang membahas jurusan kuliah apa saja sih yang populer serta berprospek karir bagus untuk masa depan! Kalau kemarin kuliahdimana.id sudah membagikanmu informasi seputar 7 Jurusan Kuliah STEM Prospek Karir Cemerlang Untuk Anak IPA, pada kesempatan ini, ilmu pendidikan tinggi yang berjauhan dengan hitung-hitungan lah yang dibahas! (kalau pun ada hitungan, tak serumit mereka yang lulusan IPA dan memlih jurusan STEM) 

Tak usah berlama-lama, ini lah saatnya kamu mempertimbangkan pilihan jurusan masa depanmu, anak IPS!

Ilmu Komunikasi

Jika kamu tertarik dengan bagaimana pesan mempersuasi orang, gelar dalam ilmu komunikasi mungkin cocok untukmu karena Ilmu komunikasi mempelajari topik-topik seperti pengaruh media massa terhadap budaya dan masyarakatnya. Kemudian, di jurusan ini, kamu akan menerapkan metode penelitian untuk membangun teori yang dapat diuji secara ilmiah tentang bagaimana komunikasi manusia non-verbal dan verbal dibuat, ditransmisikan, dan diterima. Kamu dapat mempelajari bagaimana cara pesan memengaruhi pikiran manusia; misal juga fokus pada kontrol pemerintah atas pesan media, pengaruh iklan pada pola konsumsi atau dampak media pada kehidupan politik. Jurusan ini seringkali interdisipliner, dan mahasiswanya dapat memilih untuk mengambil konsentrasi studi yang beragam.

Administrasi Bisnis

Jika kamu memiliki ketertarikan pada angka dan unggul dalam pengetahuan dasar yang berhubungan dengan matematika, seperti ekonomi makro, ekonomi mikro, kalkulus dan akuntansi, mungkin jurusan administrasi bisnis cocok untukmu. Jurusan ini juga membutuhkan kamu yang memiliki jiwa kepemimpinan, pemikiran kritis dan keterampilan pemecahan masalah (yang tentunya dapat diasah selama berkuliah). Kemudian, secara garis besar, jurusan administrasi bisnis akan mempelajari mekanisme bisnis melalui kelas dasar seperti keuangan, akuntansi dan pemasaran serta topik yang lebih khusus lainnya. Selain itu, jurusan administrasi bisnis juga mempelajari aspek etis dari keputusan bisnis di mana tugas akhirnya mengharuskan mahasiswanya untuk menyusun rencana bisnis untuk sebuah produk.

Ekonomi Pembangunan

Jurusan ekonomi pembangunan adalah cabang dari ilmu ekonomi yang berfokus pada perbaikan kondisi fiskal, ekonomi, dan sosial di negara-negara berkembang. Di jurusan ekonomi pembanguna, kamu akan diajak mempertimbangkan faktor-faktor seperti kondisi kerja, kebijakan domestik dan internasional, serta kondisi pasar dengan fokus pada perbaikan kondisi di negara-negara yang diteliti. Kamu juga akan mengkaji faktor makroekonomi dan mikroekonomi yang berkaitan dengan struktur ekonomi berkembang dan pertumbuhan ekonomi domestik dan internasional; termasuk menentukan sejauh mana pertumbuhan penduduk yang cepat membantu atau menghambat pembangunan, transformasi struktural ekonomi, dan peran pendidikan dan kesehatan dalam pembangunan.

Hubungan Internasional

Hubungan Internasional adalah jurusan sarjana interdisipliner yang berfokus pada perubahan hubungan politik, ekonomi dan budaya dalam sistem internasional era modern. Jurusan ini mengeksplorasi bagaimana faktor global, regional, dan domestik mempengaruhi hubungan antar aktor di panggung dunia. Kamu yang memilih jurusan hubungan internasional akan dilengkapi dengan keterampilan dasar dan pengetahuan khusus yang diperlukan untuk menganalisis pilihan dan tantangan yang muncul di dunia global. Pada akhir pendidikan, kamu diharapkan memiliki pemahaman substantif tentang faktor ekonomi, politik, budaya, sejarah dan hukum yang mempengaruhi urusan internasional lalu mampu menganalisis peristiwa internasional terkini dan mengkomunikasikan analisis mereka secara efektif dalam bentuk lisan dan tertulis.

Hukum

Hukum bersentuhan dengan hampir setiap bidang kehidupan manusia, menyentuh isu-isu yang berkaitan dengan bisnis, ekonomi, politik, lingkungan, hak asasi manusia, hubungan internasional dan perdagangan. Maka dengan luasnya jangakauan hukum, kamu dengan gelar tersebut dapat memiliki dampak besar pada kehidupan orang lain. Gelarmu memungkinkanmu untuk membela seseorang yang telah dituduh melakukan kejahatan, menawarkan kesempatan untuk memperbaiki kesalahan dan membela tegaknya Undang-undang dari serangan individu, perusahaan dan bahkan pemerintah sekalipun. Memang terlihat rumit tapi tenang, selama masa belajarmu di pendidikan tinggi hukum, kamu akan dibekali pengetahuan tentang bagaimana menangani beberapa konflik dan masalah yang paling bermasalah – seringkali tampaknya tidak dapat diselesaikan – dalam masyarakat dan moralitas modern sehingga saat terjun ke dunia yang sesungguhnya, kamu dapat menemukan jawaban paling adil atas permasalahan.

Psikologi

Jurusan psikologi mengkaji ilmu perilaku manusia dan proses mental; termasuk studi tentang pikiran, otak, dan interaksi sosial manusia dan hewan. Sentuhan utama pada berbagai bidang psikologi antara lain dalam bidang sosial, kognitif, abnormal, kepribadian dan perkembangan. Jurusan psikologi adalah pilihan yang baik bagi kamu yang ingin bekerja dengan banyak orang dan tertarik untuk memahami perilaku manusia dan proses mentalnya. Dengan mempelajari bagaimana manusia hidup, kamu, calon mahasiswa psikologi juga dapat menerapkan beberapa pengetahuan psikologimu dalam kehidupanmu sendiri. Keterampilan yang berguna lainnya yang akan diasah di jurusan psikologi termasuk keterbukaan pikiran, pemikiran kritis, pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi yang efektif.

Sosiologi

Jurusan sosiologi berfokus pada studi tentang manusia. Mahasiswa di jurusan ini akan mengeksplorasi keragaman perilaku dan interaksi sosial. Mereka akan diajak untuk memahami perspektif manusia dengan menyelidiki berbagai kelompok dan institusi, seperti sekte agama, keluarga, atau gender dan ras. Jika kamu memilih jurusan ini, kamu akan bisa melihat interaksi sekecil dua orang asing di kedai kopi hingga sesuatu yang besar seperti globalisasi. Kamu tidak akan hanya fokus pada interaksi masa kini, tetapi juga budaya dan masyarakat sepanjang sejarah. Kamu akan dilatih untuk mengajukan pertanyaan penting, melakukan penelitian dan mengumpulkan data untuk dianalisis; termasuk (misalnya) analisis untuk mengatasi konflik keluarga, diskriminasi agama dan ketidakadilan perawatan kesehatan.

Sudah tahu mau pilih yang mana?