*/?>

5 Jenis Musik Untuk Menemanimu Belajar

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 22 Mar 2023
Sumber gambar : Freepik
Sumber gambar : Freepik

Musik dapat merangsang otak agar bekerja lebih efektif, sekaligus mengurangi rasa stres. Musik juga dapat membantu otak lebih cepat menyerap informasi, meningkatkan ingatan, dan membantu kita memotivasi diri untuk belajar. Keuntungan-keuntungan dari musik ini kemudian menyebabkan musik biasanya dianjurkan sebagai teman belajar karena sangat baik manfaatnya untuk kesehatan otak.

Nah, kuliahdimana.id sudah pernah membahas 4 Manfaat Mendengarkan Musik Saat Belajar. Namun belum pernah merekomendasikan musik jenis apa saja yang paling baik untuk menemanimu belajar. Sebenarnya, kamu bisa mendengar semua jenis musik yang kamu sukai asalkan musik tersebut tidak mendistraksimu dari tugas atau pekerjaan yang harus kamu selesaikan, tetapi kalau ditanya jenis musik apa yang paling dianjurkan, kamu bisa lihat rekomendasi 5 jenis musik untuk menemanimu belajar di bawah ini!

(Baca juga: 5 Konsentrasi Studi Jurusan Musik Yang Cocok Untuk Pecinta Musik)

5 Jenis Musik Untuk Menemanimu Belajar

Ketukan binaural

Musik jenis ini mendorong kemampuan alami otak kita untuk mengisi celah sensorik melalui dua frekuensi berbeda ke masing-masing telinga (melalui headphone). Ini menyebabkan otak mendeteksi perbedaan antara keduanya dan menciptakan frekuensinya sendiri.

Musik meditasi

Jenis musik ini tidak hanya populer untuk merangsang otak, tetapi juga bagus untuk menghilangkan stres. Bermeditasi akan membawa tubuh ke dalam ketenangan yang akan membantu mengatasi tugas-tugas sulit.

Suara alam dan hujan

Telah terbukti bahwa suara alam mengendurkan sistem saraf kita dan membuat tubuh kita lebih relax, maka dari itu, mendengarkan suara alam dianjurkan sebagai teman pendamping belajar. Suara alam ini bisa melalui suara hujan, ombak laut di pantai atau bahkan suara angin di hutan.

Nada isokronik

Musik jenis ini memberikan frekuensi tunggal yang dihidupkan dan dimatikan dengan cepat (tidak memerlukan headphone untuk mendengar frekuensi tersebut). Penelitian menunjukkan bahwa otak berfungsi dengan sangat baik selama keheningan di antara suara-suara itulah sebabnya ketukan nada isokronik membantu kita belajar.

Musik klasik

Mendengarkan musik klasik saat belajar membangkitkan otak untuk fokus. Ada juga beberapa penelitian yang dilakukan di mana siswa yang mendengarkan musik klasik saat melakukan kuis lebih baik daripada siswa yang tidak mendengarkan musik.