*/?>

UTBK-SBMPTN 2021: 4 Hal yang Bisa Buat Kamu Didiskualifikasi!

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 16 Apr 2021
Sumber gambar : ICSA
Sumber gambar : ICSA

Hai kamu yang masih deg-degan menunggu hari-H tes Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) 2021, ada beberapa hal nih yang bisa kamu simak untuk memperlancar kegiatan tes UTBK-mu nantinya! Berikut 4 hal yang mesti kamu hindari saat tes UTBK berlangsung, antara lain:

Proses Pendaftaran Tidak Sesuai

  • Semua dokumen yang disertakan saat tes harus lengkap dan sesuai anjuran LTMPT. Jika tidak, kamu tidak akan diperbolehkan ikut tes! "Misalkan foto yang tidak semestinya, foto selfie tidak serius, foto membelakangi kamera, foto berbanyak, foto tidak kelihatan wajahnya," kata Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT, Budi Prasetyo Widyobroto dikutip dari kompas.com.

Tak Membawa Kartu Identitas

  • Nah, sudah diingatkan berkali-kali kalau KTP atau kartu pelajar adalah salah satu syarat yang tak boleh terlewat (dokumen lain bisa kamu pantau di UTBK SBMPTN 2021: Berkas yang Harus Dibawa Saat Tes). Yuk biasakan langsung rapikan isi tas di malam sebelum hari-H supaya tidak ada yang tertinggal!

Membawa HP ke Ruang Ujian

  • Untuk mengantisipasi bocornya soal, peserta tak diperkenankan membawa telepon genggam! Titipkan HP-mu ke orang tua bila perlu. Jangan sampai didiskualifikasi hanya karena tidak tahu atau lupa, ya!

Datang Terlambat

  • LTMPT sudah mengingatkanmu untuk datang maksimal 45 menit sebelum tes dimulai. Kalau terlambat? Tidak ada ujian susulan! Mengutip wawancara kompas.com dengan Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT, Budi Prasetyo Widyobroto, diperingatkan kalau, "enggak mungkin kita merelokasi atau mengganti ke hari setelah itu, karena pada tanggal 4 Mei itu semua harus selesai tesnya, clear. Itu agar segera bisa diproses skoring, seleksi oleh rektor dan diumumkan hasilnya pada 14 Juni. Jadi itu alasannya,"

Reminder:

Selamat Berjuang!