*/?>

6 Jurusan Kuliah Peluang Gaji Besar

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 12 Aug 2021
Sumber gambar : northampton
Sumber gambar : northampton

Mengukur masa depan bukan melulu soal uang tetapi pada titik tertentu dalam hidup, setiap dari kita tetap membutuhkannya. Maka, menempatkan dirimu di jurusan pendidikan tinggi yang dapat memberimu peluang sukses paling mungkin adalah strategi terbaik. 

Definisi peluang sukses paling mungkin bisa dilihat dari demand di masa depan yang masih berkurva naik sampai kebutuhan ahli di bidang tersebut yang langka karena sepi peminat. Definisi lain? Soal gaji yang mungkin didapatkan di industri yang berkaitan dengan jurusan tersebut. Kala itu, kuliahdimana.id sudah membagikanmu informasi mengenai 7 Jurusan yang 'High Demand' Di Masa Depan dan 6 Jurusan Kuliah Sepi Peminat Berpeluang Karir Luas. Kali ini, giliran jurusan dengan peluang gaji besar yang bersinar!

Tanpa berlama-lama, yuk cek 6 Jurusan Kuliah Peluang Gaji Besar 2021 di bawah ini!

Kedokteran

kedokteran

Jurusan satu ini tak mungkin tak populer di mata kalian, anak-anak IPA. Meskipun perjalanannya panjang ditambah biaya kuliah yang juga tak sedikit, jurusan yang kemudian dapat memberikanmu ilmu dasar pengobatan saintis ini akan memberimu peluang kerja dan gaji besar yang hampir pasti! Jika tak bekerja di rumah sakit, kamu juga dapat membuka praktik dan sudah kita semua tahu, biaya (hanya untuk) konsultasi ke dokter saja sudah cukup tinggi; apalagi jika penyakit yang kamu tangani serius!

Nah, jurusan ilmu kedokteran terbagi dalam 2 fase studi yang berbeda, yaitu fase praklinis, fase klinik. Pada fase preklinik, mahasiswa akan belajar ilmu-ilmu dasar kedokteran dan di masa studi klinis, mahasiswa akan diterjunkan ke lapangan untuk bekerja bersama para profesional. Misal mengikuti pola pembelajaran di Universitas Indonesia, mahasiswa klinis akan diterjunkan ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Rumah Sakit Jantung Harapan Kita, atau Rumah Sakit Persahabatan. Setelah lulus, gaji minimal 10 juta sebagai dokter umum menanti!

Ilmu Hukum

Ilmu Hukum

Jika kamu sudah mendengar ketokan palu, maka bisa dikatakan, putusannya final. Yup, kali ini kita akan membahas sedikit soal hukum dalam lingkup pendidikan tinggi! Nah, sebagai jurusan, hukum adalah salah satu jurusan kategori sosial humaniora (soshum) yang paling ramai peminat. Dari tahun ke tahun, misalnya, pada Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), ilmu hukum menjadi primadona para calon mahasiswa baru. Dan, kalau dipikir ya tentu saja, karena jurusan ini melahirkan para ahli siap kerja yang gajinya menggiurkan.

Ambil saja contoh sederhananya, yaitu menjadi pengacara. Pada tahun awal karirnya, seorang pengacara bisa mendapat sampai 10 juta per kasus. Nilai ini akan naik jika kemampuanmu sebagai 'pembela klien' sangat baik. Pernah mendengar nama Hotman Paris? Jika iya, maka kamu akan tahu gajinya mencapai milyaran! Nah, untuk sampai di tahap ini, tentu kamu harus mendedikasikan diri dan terus membangun portofolio yang baik. Tak ada yang instan!

Psikologi

Psikologi

Bicara tentang manusia dan komplesitasnya tentu tak akan pernah habis. Itulah mengapa jurusan psikologi, yang secara garis besarnya mempelajari mental, pikiran dan perilaku manusia, akan terus berkembang dan memiliki prospek menjanjikan. Dinamisnya manusia dan bagaimana faktor eksternal membuat setiap dari mereka berbeda akan kamu dalami sambil menerima imbalan gaji besar atas jasa-jasamu!

Jika kamu menjadi spesialis, gajimu tentu akan lebih besar daripada hanya bekerja menjadi generalis (dan ini berlaku untuk semua jurusan). Contohnya, Recruiter/talent acquisition specialist dari jenjang S1 psikologi dengan pengalaman 3–5 tahun menerima gaji 8 juta rupiah sampai 25 juta rupiah. Angka ini bisa lebih tinggi tergantung bagaimana kamu memanfaatkan waktumu untuk berkembang dan menjadi makin ahli dalam bidangmu.

Teknik Pertambangan

Ilmu Pertambangan

Indonesia merupakan negara yang cukup kaya akan hasil tambang, Kalimantan dengan batubara, misalnya. Eksistensi tambang ini juga diprediksi masih akan terus hidup sampai beberapa puluh tahun ke depan mengingat cukup pentingnya barang tambang untuk menciptakan produk-produk pemenuh kebutuhan manusia. Untungnya, profesi di bidang ini tentu sangat spesifik. Hanya mereka yang memiliki pengetahuan dasar tentang pengerukan dan pengolahan tambang saja yang boleh menempati posisi penting. Jika ini jurusan yang kamu pilih, kesempatan ini tak boleh dilewatkan.

Untuk freshgraduate, gajimu akan (kira-kira) 8 juta rupiah per bulan. Jika kamu masuk ke perusahaan tambang internasional, gaji ini tentu akan lebih tinggi; minimal 15 juta rupiah per bulan. Tetapi perlu diingat, bekerja di pertambangan bukanlah hal yang mudah. Ada taruhan keselamatan di prosesnya (meskipun setiap profesi memiliki resikonya masing-masing). Ini artinya, menjadi lebih waspada saat bekerja adalah kunci. Jika kamu berhasil masuk ke dunia pertambangan dan menjadi senior, gajimu bisa mencapai 32 juta rupiah per bulan!

Akuntansi

Akuntansi

Biasanya kurang disukai saat sekolah menengah karena berkutat dengan angka, ketelitian dan data: Jurusan Akuntansi. Memang akuntansi menyebalkan buat kita yang masih di bangku SMA tapi berbeda lagi ketika kamu memasuki dunia pendidikan tinggi di mana pola pikirmu sudah berkembang dalam melihat masa depan: pilih jurusan pasti yang bisa menopang kebutuhan hidup. 

Semua jurusan memang bisa memberi ilmu untuk menghidupimu tetapi tentu kamu tahu seorang akuntan selalu dibutuhkan di perusahaan mana pun dan di situasi apa pun. Selain kesempatan kerjanya yang luas, juga tak boleh terlupa kalau penghasilan seorang akuntan senior tidak main-main. Jika kamu sudah dikategorikan akuntan senior, gajimu bisa mencapai 12 juta rupiah per bulan. Angka ini tentu besar, bukan?

Teknik Penerbangan

Teknik Penerbangan

Nama lainnya Teknik Dirgantara dan biasanya diasosiasikan dengan pilot walaupun sebenarnya daripada si supir, teknik penerbangan lebih fokus ke si mekanis. Yup, di jurusan ini kamu akan belajar banyak hal soal perakitan pesawat terbang, entah untuk kebutuhan komersial atau bukan. Fokusmu adalah soal pembentukan, dari yang paling dalam seperti mesin sampai yang terluar sekalipun.

Di skala awal, gajimu hanya di kisaran standar, yaitu 5 juta rupiah per bulan. Makin tinggi jam terbangmu dan makin penting posisimu sebagai seorang mekanis akan membawamu ke gaji minimal (dan tak terbatas pada) 11 juta rupiah per bulan. Gaji lebih besar akan datang padamu jika bekerja di bawah naungan perusahaan internasional. Dan tahukah kamu, gaji awal lulusan teknik penerbangan termasuk lebih tinggi daripada gaji awal jurusan lainnya? Now you know!

Tidak masuk ke 6 jurusan di atas? Jangan khawatir. Selama kamu mengasah kemampuanmu, setiap jurusan akan berharga sama. Pada akhirnya, mereka yang terus belajar akan sukses pada masanya!