*/?>

Kapan Jadwal Tes SKD CPNS Kemenkumham 2021? Lihat Di Sini!

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 10 Sep 2021
Sumber gambar : Tempo.co
Sumber gambar : Tempo.co

Bagi kamu si calon Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021 khusus instansi Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) yang mungkin masih dag-dig-dug menunggu jadwal tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), jangan khawatir karena estimasi pelaksanaan tes SKD CPNS 2021 Kemenkumham sudah diumumkan!

Melalui Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenkumham, Andap Budhi Revianto dalam konferensi persnya 3 September 2021 lalu, SKD CPNS khusus Kemenkumham akan dilaksanakan pada 19 September hingga 31 Oktober 2021. Penentuan jadwal ini sudah disesuaikan dengan jumlah pendaftar CPNS instansi Kemenkumham dan mengingat Kemenkumham adalah salah satu instansi paling diminati para peserta CPNS 2021, kegiatan tes SKD harus dilakukan bergilir agar tak jadi penumpukan. Peserta dihimbau untuk memantau website kemenkumham di https://cpns.kemenkumham.go.id/ apabila terjadi perubahan.

(Baca Juga: 7 Barang Yang Wajib Dibawa dan Dilarang Saat SKD CPNS 2021)

Terkait rincian SKD CPNS Kemenkumham, tes akan diadakan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT), sama seperti instansi lain di mana detailnya dapat peserta pelajari sendiri melalui web simulasi SKD CPNS 2021 oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) di https://cat.bkn.go.id/. Bagi peserta yang hendak melakukan simulasi tes, berikut cara mengakses web simulasi BKN:

  1. Buka link https://cat.bkn.go.id/
  2. Klik tombol simulasi
  3. Klik daftar
  4. Masukkan nama lengkap
  5. Masukkan email
  6. Masukkan password dan konfirmasi password
  7. Masukkan Tempat dan tanggal lahir
  8. Pilih jenis kelamin
  9. Centang kotak verifikasi
  10. Klik simpan
  11. Klik login kembali
  12. Masukkan email dan password yang telah dibuat sebelumnya
  13. Centang kotak verifikasi
  14. Klik login

Website simulasi ini teknis pengerjaannya akan sama dengan SKD CPNS sesungguhnya dengan 110 butir soal yang dibagi dalam 3 kategori, yaitu: Tes Wawasan Kebangsaan (TWK): 30 butir soal, Tes Inteligensia Umum (TIU)T: 35 butir soal, dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP): 45 butir soal.

Sementara itu, pada CPNS 2021, Kemenkumham telah mendapatkan jumlah pendaftar awal sebanyak 1.930.056 orang dengan angka peserta yang lanjut ke tahap selanjutnya sebanyak 924.379 orang. Angka barusan, hanya mengacu pada data pada 13 Juli 2021 sehingga tentu, sampai penutupan pendaftaran CPNS 2021, bisa saja pesaing untuk instansi bersangkutan lebih tinggi jumlahnya.

Agar menjadi salah satu yang beruntung, peserta SKD CPNS 2021 dapat juga mengintip kisi-kisi SKD CPNS 2021 sambil memanfaatkan web simulasi BKN sebelum hari-H. Untuk persiapan lainnya, dapat dipantau di artikel-artikel kuliahdimana.id lainnya!