*/?>

6 Tips Belajar Programming Untuk Pemula Secara Otodidak

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 16 Sep 2021
Sumber gambar : International Journal of Research
Sumber gambar : International Journal of Research

Jika kuliahdimana.id sudah membagikanmu 3 Rekomendasi Kursus Online untuk Meningkatkan Kemampuan Dasar Programming Bagi Pemula, kali ini, kita akan membahas tips-tips belajar programming pemula yang bisa kamu diterapkan sendiri tanpa perlu menunggu lagi! Yup, pada artikel kali ini, kita akan menyentuh pertanyaan, "bagaimana sih cara belajar sendiri programming dengan cepat?"!

Nah, untuk itu, sudah disajikan 6 tips penting belajar programmming yang tak boleh dilewatkan, kamu, calon programmer muda!

Perkuat Dasar

Kesalahan umum yang dilakukan para pemula saat belajar pemrograman adalah melewatkan dasar-dasar bab awal dan langsung melompat ke bab berikutnya. Hal ini adalah salah besar yang tak boleh kamu tiru!

Untuk memahami konsep pemrograman tingkat lanjut, kamu harus sangat jelas paham tentang dasar-dasar pemrograman. Jika kamu akan melakukan kesalahan yang sama maka di beberapa titik, kamu akan berakhir dengan banyak kebingungan dan kamu harus kembali ke dasar lagi. Dasar-dasar ini adalah Struktur Data, variabel, struktur kontrol, sintaks, alat, atau editor teks. Ketika kamu mulai melakukan pemrograman, pilih satu bahasa pemrograman, pelajari, dan kuatkan semua dasar-dasar pemrograman terlebih dahulu sebelum naik ke level berikutnya. Keseluruhan waktumu untuk belajar coding pasti akan terhemat jika kamu mengikuti jalan ini!

Pilih Bahasa Pemrograman Yang Paling Cocok

Meskipun tidak ada satu bahasa pemrograman "terbaik" untuk dipelajari, beberapa bahasa lebih ramah pengguna daripada yang lain. HTML dan CSS dianggap sebagai titik masuk termudah ke dunia pengkodean, tetapi keduanya hanya sangat berguna untuk mengembangkan situs web dasar.

Untuk situs web yang lebih interaktif yang melibatkan sistemdatabase, kamu harus mengetahui Javascript, PHP, SQL, dan Python untuk membuat semua komponen 'bernyanyi'. Pembuat aplikasi seluler menggunakan Swift atau C untuk membuat aplikasi iOS, dan Java atau Kotlin untuk aplikasi Android. Pengembang video game akan beralih ke Unity, atau bahkan C#, untuk mewujudkan ide game mereka. Pilih satu yang sesuai tujuanmu belajar pemrograman agar lebih termotivasi untuk belajar lebih dalam!

Coba Mainan Anak

Siapa bilang orang dewasa tidak bisa belajar dari mainan dan video game STEAM/STEM yang membuat anak-anak ketagihan coding? Lagi pula, produk ini dirancang untuk mengajarkan logika dan sintaksis pengkodean tanpa membosankan anak-anak yang mudah terganggu, sehingga pembuat kode dewasa pun mungkin dapat menganggapnya menyenangkan dan mendidik.

Jika kamu ingin lebih memahami hubungan antara perangkat keras dan perangkat lunak, maka kamu akan menikmati Piper Computer Kit 2, yang akan membuatmu membangun komputer bertenaga Raspberry Pi, misalnya. Jangan merasa minder karena mulai belajar pemrograman dari dasar paling bawah. Justru hal-hal ini penting agar dasar pemrograman-mu untuk tugas-tugas lebih kompleks terasa lebih mudah.

Manfaatkan Tangan

Monitor komputer menjadi lebih tipis, hard drive lebih ringan, dan bahasa pemrograman lebih canggih, tetapi pengkodean dengan tangan masih tetap menjadi salah satu metode paling efektif untuk mempelajari cara memprogram.

Baik itu di papan tulis atau buku catatan, pengkodean dengan tangan membutuhkan kehati-hatian, presisi, dan niat lebih lanjut di balik setiap baris kode. Karena tidak seperti di komputer, kamu tidak dapat menjalankan kode tulisan tangan di tengah lembar untuk memeriksa apakah pekerjaannya benar. Meskipun lebih memakan waktu, pembatasan ini akan membentukmu menjadi pengembang yang lebih sehat secara fundamental, baik di kelas maupun di pasar kerja. Untuk ujian perguruan tinggi dan wawancara teknis – komponen penting dari proses wawancara kerja – kamu harus membuat kode dengan tangan. Lalu metode ini juga secara universal dikenal sebagai ujian akhir untuk kemahiran seorang programmer. Jadi, mulailah lebih awal dan biasakan praktik ini!

Computational Thinking

Untuk belajar pemrograman, ada baiknya kamu, sekali-sekali, berusaha berpikir layaknya komputer. Jika berhasil, maka kecepatan pemahamanmu akan seluk-beluk dunia programming akan naik berkali-kali lipat.

Alih-alih terlalu fokus dalam mempelajari bahasa pemrograman tertentu, kamu juga dapat belajar memecahkan masalah dengan cara yang dapat dipahami oleh komputer. Dengan kata lain, tingkatkan keterampilanmu pada konsep seperti pengenalan pola, algoritme, dan abstraksi. Ada juga istilah, seperti loop, yang pasti akan muncul dalam bahasa apa pun yang kamu gunakan. Semakin baik kamu memahami prinsip-prinsip ini, semakin mudah untuk mempelajari bahasa berikutnya (dan sebagai hasilnya, desain produk atau proyek yang lebih baik).

Berbagi Ilmu dengan Orang Lain

Salah satu cara terbaik untuk memahami pemrograman dengan mudah dan cepat adalah dengan berbagi ilmu dengan orang lain, berdiskusi dengan programmer lain akan membuatmu menjadi programmer yang lebih baik dengan cepat. 

Kamu juga dapat berpartisipasi dalam proyek sumber terbuka, mendiskusikan kode dengan rekan pemrogram-mu atau berkontribusi di Github. Kamu juga dapat mengambil bantuan dari forum atau situs diskusi. Tidak masalah jika Anda mengajukan pertanyaan konyol dan terlihat bodoh, itu akan membantumu mengetahui mana yang benar dan mana yang salah. Jadi ada baiknya mencari mentor atau meminta bantuan sesama programmer untuk memahami konsep dengan mudah dan cepat. Mentor atau profesional dapat membimbingmu dengan lebih baik karena mereka telah berada di posisimu sebelumnya.