*/?>

Memahami Monarki

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 29 Oct 2021
Sumber gambar : lossi
Sumber gambar : lossi

Memahami sistem negara demokrasi lebih mudah dilakukan (apalagi kalau kamu sudah membaca Memahami Demokrasi kuliahdimana.id) sebab kita hidup di negara dengan sistem ini. Tapi tahukah kamu bahwa demokrasi bukan satu-satunya sistem suatu negara? Di sampingnya masih ada lagi tata negara yang unik seperti Monarki! Mungkin kamu pernah mendengar sekilas apa itu monarki namun belum memahaminya secara lebih dekat; atau kamu sama sekali belum mendengar tentangnya. Tanpa membedakan keduanya, yuk pantau di artikel kali ini!

Apa Itu Monarki?

Monarki merupakan sistem politik yang didasarkan pada kedaulatan yang tidak terbagi atau kekuasaan satu orang. Istilah ini berlaku untuk negara-negara di mana otoritas tertinggi dipegang oleh raja, seorang penguasa individu yang berfungsi sebagai kepala negara dan yang mencapai posisinya melalui keturunan. Kebanyakan monarki hanya mengizinkan suksesi laki-laki, biasanya dari ayah ke anak.

Sebagai Kepala Negara, Raja menjalankan tugas konstitusional dan perwakilan yang telah berkembang lebih dari seribu tahun sejarah. Selain tugas-tugas Negara ini, Raja memiliki peran yang kurang formal sebagai Kepala Negara, ia juga ini bertindak sebagai fokus untuk identitas nasional, persatuan dan kebanggaan; memberikan rasa stabilitas dan kontinuitas.

Perbedaan Monarki dengan Demokrasi

Selain perbedaan pemimpin antara presiden (demokrasi) dan raja (monarki), kedua sistem ini sebenarnya memiliki perbedaan-perbedaan lain yang sangat mencolok. Berikut 5 perbedaan antara Demokrasi dan Monarki yang diketahui secara luas:

  1. Konsep Demokrasi berasal dari Yunani. Demokrasi Athena sering digambarkan sebagai demokrasi pertama yang dikenal di dunia. Sedangkan Monarki lazim di Abad Pertengahan dan Zaman Kuno dan masih berlanjut di beberapa negara.
  2. Di negara dengan sistem demokrasi, para wakil rakyat yang terpilih membuat undang-undang, peraturan perundang-undangan atas nama rakyat, untuk kesejahteraan rakyat sedangkan di negara sistem monarki, hukum dibingkai oleh Raja dan Ratu. Orang lain tidak memiliki suara dalam perumusan undang-undang.
  3. Di negara dengan sistem demokrasi, wakil-wakil yang terpilih dimintai pertanggungjawaban oleh rakyat negara itu. Oleh karena itu, pemilihan diadakan dan para wakil negara ini dapat kehilangan hak mereka untuk memerintah jika mereka tidak memenuhi harapan rakyat. Di sisi lain, negara sistem monarki, Raja dan Ratu tidak memiliki akuntabilitas. Pihak mana pun tidak memiliki kekuatan untuk menghapus Raja dan Ratu dari kekuasaan jika mereka tidak puas dengan pemerintahan mereka.
  4. Setiap orang dianggap setara dalam demokrasi namun dalam Monarki setiap orang masuk dalam hirarki tertentu dan tidak dianggap sederajat satu sama lain.
  5. Rakyat memiliki kebebasan untuk memberikan tanggapan atas kebijakan, memiliki pilihan untuk melakukan perubahan dalam kebijakan dan mereka memiliki hak untuk mengecam Pemerintah di negara dengan sistem demokrasi sedangkan di negara dengan sistem monarki orang tidak memiliki hak untuk mengutuk pemimpin mereka.

Negara Di Dunia Dengan Sistem Monarki

Saat ini, beberapa negara dengan sistem monarki masih tetap ada di beberapa belahan dunia, meskipun jumlah negara monarki absolut jauh lebih sedikit daripada sebelumnya dan jauh lebih banyak variasi dalam pembagian kekuasaan antara raja dan pemerintah terpilih. Daftar berikut terdiri dari monarki dunia pada tahun 2021:

  • Eropa: Andorra, Belgium, Denmark, Liechtenstein, Luksemburg, Monako, Belanda, Norway, Spanyol, Swedia, Kerajaan Inggris Raya dan Irlandia Utara, Kota Vatikan, Polinesia, Tonga
  • Afrika: Eswatini, Lesotho, Maroko
  • Asia: Bahrain, Bhutan, Brunei, Kamboja, Jepang, Yordania, Kuwait, Malaysia, Oman, Qatar, Thailand, Arab Saudi, Uni Emirat Arab