*/?>

Berapa Alokasi Waktu Pengerjaan UTBK SBMPTN 2022? Cek Di Sini!

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 20 Dec 2021
Sumber gambar : Gramedia.com
Sumber gambar : Gramedia.com

Setelah membahas materi tambahan Ujian Tertulis Berbasis Komputer - Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK - SBMPTN) 2022 di Dulu Cuma TPS dan TKA, Kini UTBK SBMPTN 2022 Tambah Satu Lagi Materi Tes, kali ini kita membahas alokasi waktu per jenis tes untuk UTBK SBMPTN 2022. 

Telah diketahui, tes UTBK SBMPTN 2022 akan dibagi menjadi 3, yaitu Saintek untuk siswa lulusan IPA IPS yang hendak masuk ke jurusan sains, Soshum bagi lulusan IPA IPS yang berniat masuk jurusan humaniora dan Campuran, di mana soal tes akan dikombinasikan antara soal Saintek dan Soshum. Tiga kategori ini, kemudian, akan diberi alokasi waktu berbeda yang jika dilansir dari laman Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) akan menjadi:

Alokasi Waktu Kelompok Ujian UTBK SBMPTN 2022

Kelompok ujian pada UTBK dibagi menjadi 3 (tiga) sebagai berikut.

  1. Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek) dengan materi ujian TPS, Bahasa Inggris, dan TKA Saintek (Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi). Alokasi 195 menit.
  2. Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum) dengan materi ujian TPS, Bahasa Inggris, dan TKA Soshum (Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi).  Alokasi 195 menit.
  3. Kelompok Ujian Campuran (Saintek dan Soshum) dengan materi ujian TPS, Bahasa Inggris, TKA Saintek, dan TKA Soshum.  Alokasi 285 menit.

Uniknya, meskipun ada satu lagi tambahan materi tes, yaitu Tes Kemampuan Bahasa Inggris, alokasi waktu untuk UTBK SBMPTN 2022 masih sama dari alokasi waktu UTBK SBMPTN tahun lalu (yang materi tesnya hanya TKA dan TPS). Meskipun demikian, kamu tak perlu khawatir karena dengan belajar giat, kamu pasti lolos di UTBK SBMPTN 2022 mendatang. Jangan juga lupa untuk cek 11 Poin Penting Agar Bisa Ikut UTBK SBMPTN 2022 supaya kamu tak ketinggalan kereta!