*/?>

5 Jurusan Teknik Yang Lulusannya Berpeluang Gaji Tinggi

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 13 Feb 2023
Sumber gambar : Freepik
Sumber gambar : Freepik

Teknik adalah jurusan sangat teknis yang para ahlinya dibutuhkan di semua jenis industri besar, termasuk teknologi komputer, ekstraksi sumber daya, manufaktur, dan konstruksi. Sebagai bagian dari bidang STEM — bidang sains, teknologi, teknik, dan matematika — ada lebih banyak peluang kerja yang tersedia juga untuk mereka yang mengambil jurusan teknik. Lapangan kerja lulusan jurusan teknik bahkan diprediksi tumbuh dua kali lebih cepat dari lapangan kerja lulusan non-STEM hingga tahun 2031. Tentu saja, kita masih bisa menghasilkan banyak uang di bidang non-STEM. Tetapi permintaan untuk keterampilan ini lebih sedikit dibandingkan dengan keterampilan bidang teknik.

Dari banyaknya jurusan teknik yang tersedia, ada 5 yang diprediksi akan menghasilkan lulusan dengan gaji tinggi minimal 5 tahun setelah berkarir. Yang mana saja jurusan teknik yang dimaksud? Berikut daftarnya di bawah.

6 Jurusan Teknik Yang Lulusannya Berpeluang Gaji Tinggi

  1. Teknik Kimia > Jurusan Teknik Kimia adalah cabang teknik yang berhubungan dengan penerapan ilmu fisika (misalnya kimia dan fisika), dan ilmu kehidupan (misalnya biologi, mikrobiologi dan biokimia) dengan matematika, untuk proses mengubah bahan mentah atau bahan kimia menjadi lebih berguna dan berharga. Selain menghasilkan bahan yang berguna, teknik kimia modern juga berkaitan dengan nanoteknologi, sel bahan bakar, dan teknik biomedis.
  2. Teknik Kedirgantaraan > Teknik Kedirgantaraan adalah sebuah jurusan yang mempersiapkan individu untuk menerapkan prinsip-prinsip teknik dasar dan keterampilan teknis dalam bidang pengembangan, pembuatan dan pengujian pesawat terbang, pesawat ruang angkasa dan sistemnya. Termasuk instruksi dalam teknologi sistem pesawat/pesawat ruang angkasa, pengujian desain dan pengembangan, pengujian prototipe dan operasional
  3. Teknik Industri > Teknik Industri adalah sebuah jurusan yang mempersiapkan individu untuk menerapkan prinsip-prinsip ilmiah dan matematika untuk desain, perbaikan, dan instalasi sistem terintegrasi orang, material, informasi, dan energi. Termasuk instruksi dalam matematika terapan, ilmu fisika, ilmu sosial, analisis teknik, desain sistem, aplikasi komputer, dan metodologi peramalan dan evaluasi.
  4. Teknik Mesin > Teknik Mesin adalah jurusan yang mempersiapkan individu untuk menerapkan prinsip matematika dan ilmiah pada desain, pengembangan, dan evaluasi operasional sistem fisik yang digunakan dalam manufaktur dan sistem produk akhir. Pembelajaran termasuk peralatan mesin, jig, dan peralatan manufaktur lainnya; unit dan peralatan listrik stasioner; mesin; kendaraan self-propelled; sistem hidrolik dan listrik.
  5. Teknik Sipil > Teknik sipil adalah sektor industri teknik yang berfokus pada penciptaan, pemasangan, dan pemeliharaan struktur dan lingkungan yang dibangun secara fisik dan alami. Teknik sipil bertanggung jawab untuk pembangunan hampir setiap struktur publik dan swasta termasuk jalan, bandara, saluran air, jembatan dan bangunan. Jenis teknik ini dapat digunakan dalam berbagai pengaturan termasuk di sektor publik (pemerintah, kotamadya) dan sektor swasta.

Adakah jurusan teknikmu di daftar di atas?