*/?>

6 Alat Analisis Untuk Penelitian Kualitatif

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 21 Nov 2022
Sumber gambar : storyset
Sumber gambar : storyset

Kita semua tahu kalau penelitian kualitatif biasanya tak pakai hitung-menghitung dan biasanya hanya berkutat pada hasil wawancara saja. Hal ini menyebabkan penelitian kualitatif dilakukan tanpa bantuan alat analisis seperti penelitian kuantitatif. Tetapi, karena perkembangan jaman dan teknologi, kita juga bisa loh mengolah data hasil wawancara atau survei untuk penelitian kualitatif menggunakan bantuan perangkat lunak!

(Baca juga: 6 Alat Analisis Untuk Penelitian Kuantitatif)
(Baca juga: 5 Kunci Lulus Kelas Penelitian Di Jurusan Apa Pun!)

Berikut ini 6 perangkat lunak yang bisa membantumu menyelesaikan tugas penelitian kualitatifmu dengan lebih cepat, tepat dan lebih sempurna!

6 Alat Analisis Untuk Penelitian Kualitatif

MAXQDA

MAXQDA adalah program perangkat lunak yang dirancang untuk analisis data kualitatif dan campuran dengan bantuan komputer, teks dan analisis multimedia di institusi akademik, ilmiah, dan bisnis. MAXQDA dapat menangani semua file. Impor catatan tulisan tangan, rekaman audio dan video, transkrip yang dibuat secara otomatis dari layanan transkripsi, dan file Word atau PDF dengan penyorotan dan komentar.

NVivo

NVivo membantu peneliti kualitatif untuk mengatur, menganalisis, dan menemukan wawasan dalam data tidak terstruktur seperti wawancara, tanggapan survei terbuka, artikel jurnal, media sosial, dan konten web. NVivo digunakan terutama oleh akademisi, pemerintah, peneliti kesehatan dan komersial di berbagai bidang, termasuk ilmu sosial seperti antropologi, psikologi, komunikasi, sosiologi, serta bidang-bidang seperti forensik, pariwisata, kriminologi, dan pemasaran.

ATLAS.ti

ATLAS.ti adalah perangkat lunak yang mendukung lokasi, pengkodean/penandaan, dan fitur anotasi dalam badan data tidak terstruktur. Perangkat lunak ini juga menawarkan fungsi visualisasi, biasanya digunakan oleh para peneliti di berbagai bidang, dan mendukung data dalam format teks, grafik, audio, video, dan geospasial. Melalui ekspor XML, ATLAS.ti juga menyediakan feature antarmuka lintas platform non-proprietary untuk memfasilitasi kolaborasi akademis antar pengguna.

QDA Miner

QDA Miner banyak digunakan untuk penelitian kualitatif. Perangkat lunak ini digunakan oleh peneliti pasar, perusahaan survei, pemerintah, peneliti pendidikan, pakar deteksi kejahatan dan penipuan, jurnalis, dan lainnya. Data yang biasanya digunakan dengan perangkat lunak penelitian kualitatif ini biasanya berasal dari artikel jurnal, skrip dari berita TV atau radio, media sosial (seperti Facebook, Twitter, atau ulasan dari situs web), wawancara atau transkrip grup fokus, dan pertanyaan terbuka dari survei.

Quirkos

Quirkos adalah paket perangkat lunak untuk analisis kualitatif data teks. Quirkos memungkinkan penggunanya mempelajari dasar-dasar analisis data kualitatif dengan cepat. Antarmukanya unik, karena secara bersamaan menampilkan visualisasi dan data teks. Peringkat lunak ini compatible dengan Windows, macOS dan Linux. Kelebihannya, file proyek Quirkos dapat diekspor untuk analisis dalam perangkat lunak statistik seperti SPSS atau R.

Dedoose

Dedoose adalah alternatif untuk perangkat lunak analisis data kualitatif lainnya, yang secara ditujukan untuk memfasilitasi penelitian metode campuran yang rumit. Dedoose telah mendapatkan pengakuan untuk integrasi metode analisis data kualitatif dan kuantitatif yang dikombinasikan dengan visualisasi data interaktif. Dedoose telah digunakan dalam berbagai penelitian di banyak industri mulai dari medis, riset pasar, penelitian kebijakan sosial, dan penelitian ilmu sosial akademis lainnya.